1. PENGERTIAN EFI ( ELECTRONIC FUEL INJECTION )
EFI adalah sebuah kata singkatan dari Electronic Fuel Injection. Adapun
pengertian dari EFI adalah sebuah sistem penyemprotan bahan bakar yang
dalam kerjanya dikontrol secara elektronik agar didapatkan nilai
campuran udara dan bahan bakar selalu sesuai dengan kebutuhan motor
bakar, sehingga didapatkan daya motor yang optimal dengan pemakaian
bahan bakar yang minimal serta mempunyai gas buang yang ramah
lingkungan. Dalam kehidupan sehari hari nama EFI telah dipakai oleh merk
Toyota, sedangkan merk lain mempunyai nama nama yang berbeda, akan
tetapi prinsip dari semua sistem tersebut adalah sama.
2. Fungsi dan cara kerja injeksi
Fungsi dan cara kerja komponen injeksi Bahan bakar bensin elektronik
Sistem EFI itu terdiri dari tiga system utama,yaitu system bahan
bakar,system induksi udara,dan system control elektronik. Untuk sepeda
motornya bisa dilihat di Sepeda Motor Injeksi Honda
a. Sistem Bahan bakar
Sitem Bahan Bakar berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke ruang bakar.
Komponen system bahan bakar terdiri atas
1) Pompa Bahan bakar
Pompa bahan bakar berfungsi utuk menyalurkan bahan bakar dari tangki ke injector.Pompa bahan bakar yang digunakan adalah pompa bahan bakar listrik
2) Fuel pulsation damper
Fuel pulsation damper berfungsi sebagai penyerap perubahan tekanan pada
saluran tekanan karena adanya injeksi.Tekanan bahan bakar dalam intake
manifold dipertahankan oleh pressure regulator
3) Pressure Regulator
Pressure regulator berfungsi mengatur tekanan bahan bakar ke
injector-injektor.Jumlah bahan bakar yang di injeksikan diatur oleh
sinyal yang di berikan ke injector sehingga tekanan harus tetap pada
tiap-tiap injketor.Untuk mendapatkan jumlah penyemprotan yang tepat,tekanan bahan bakar harus dipertahankan lebih kurang 2,55 kg/cm2.
4) Injektor
Injektor adalah sebuah nozzle elektromagnetik yang kerjanya dikontrol
leh computer.Injektor dilengkapi dengan heat insulator pada saluran
masuk atau pada kepala slinder yang dekat dengan lubang pemasukan
5) Cold start injektor
Cold start Injektor digunakan untuk mensuplai bahan-bahan pada saat suhu
motor masih rendah.Injektor ini dipsang di baian tengah ruangan udara
masuk.Injektor bekerja hanya pada saat start bila temperature air
pendingin di bawah 220 Celsius.
Sistem induksi udara berfungsi untuk menyediakan sejumlah udara yang diperlukan untuk pembakaran terdiri atas:
1) Throttle body
Throttle body terdiri atas katup therottle untuk mengontroludara
masuk,sebuah system by pass udara yang mengatur aliran udara pada
putaran idle dan sebuah throttle position sensor untuk menyensor kondisi
terbukanya katup therottle.
2) Katup udara
Katup udara di gunakan untuk fast idle yang bekerjanya oleh bimetal dan heat coil motor dalam keadaan dingin.Katup udara di pasangkan pada permukaan samping kanan slinder.Jika
putaran fast idle selama pemanasan tidak stabil atau rendah maka hali
ini antara lain disebabkan oleh kesalahan pembukaan katup udara.
3) Air flow meter
Air flow meter mendeteksi jumlah udara yang masuk dan mengirimkan sinyal ke computer yang menentukan dasar jumlah injeksi.Air
flow meter terdiri atas plat pengukur,pegas kembali ,baut penyekat
campuran idle,sensor udaa masuk dan switch pompa bahan bakar.
4) system Kontrol Elektronik (ECU)
Sistem Kontrol elektronik mempunyai bermacam-macam sensor yang terdiri
atas air flow meter,Sensor air pendingin,sensor psisi katup gas,sensor
udara masuk,sensor gas tekan,dan sensor tekanan mesin.Perangkat ini akan
menentukan lama kerja injector.Kelengkapan yang lain adalah main relay
yang menyediakan sumber arus listrik ke computer.Circuit opening relay
yang mengontrol kerja pompa bahan bakar dan sebuah resistor yang
menstabilkan kerja injector.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar