DESKRIPSI PROGRAM PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
BIDANG STUDI KEAHLIAN
|
:
|
TEKNOLOGI DAN REKAYASA
|
PROGRAM STUDI KEAHLIAN
|
:
|
TEKNIK OTOMOTIF
|
KOMPETENSI KEAHLIAN
|
:
|
TEKNIK OTOTRONIK
|
KODE KOMPETENSI KEAHLIAN
|
:
|
024
|
1. Definisi
Teknik
Ototronik adalah kompetensi keahlian dibidang otomotif yang menekankan
keahlian pada bidang penguasaan teknologi elektronik dan kontrol yang
ada di kendaraan bermotor.
Kompetensi
keahlian Teknik Ototronik menyiapkan peserta didik untuk bekerja pada
bidang pekerjaan yang dikelola oleh industri otomotif dan bengkel
otomotif yang sekarang ini telah menerapkan teknologi-teknologi
elektronik dan kontrol.
Disamping
itu siswa juga didorong untuk membuka lapangan pekerjaan dibidang
perawatan, perbaikan dan inovasi penerapan kontrol dibidang otomotif.
2. Tujuan
Tujuan
Kompetensi Keahlian Teknik Ototronik adalah membekali peserta didik
dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam hal-hal
berikut:
a. Ketrampilan bidang kelistrikan dan elektronika aplikasi di otomotif
b. Pemahaman prinsip kerja standar sistem pada kendaraan
c. Ketrampilan pemeriksaan sistem kontrol yang diterapkan di otomotif
d. Perawatan komponen dan sistem kontrol di otomotif
e. Mendesain sistem elektronik dan kontrol aplikasi diotomotif.
f. Perawatan dan perbaikan engine management system
g. Perawatan dan perbaikan Chasis & Power train management system
h. Perawatan dan perbaikan Comfort,safety & information syste
3. Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
a. Standar Kompetensi Lulusan Satuan Pendidikan (SMK/MAK)
1) Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
2) Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
3) Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
4) Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
5) Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global
6) Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
7) Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam pengambilan keputusan
8) Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
9) Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik
10) Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
11) Menunjukkan kemampuan menganalisis gejala alam dan sosial
12) Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
13) Berpartisipasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
14) Mengekspresikan diri melalui kegiatan seni dan budaya
15) Mengapresiasi karya seni dan budaya
16) Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok
17) Menjaga kesehatan dan keamanan diri, kebugaran jasmani, serta kebersihan lingkungan
18) Berkomunikasi lisan dan tulisan secara efektif dan santun
19) Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
20) Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
21) Menunjukkan keterampilan membaca dan menulis naskah secara sistematis dan estetis
22) Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
23) Menguasai
kompetensi program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi
tuntutan dunia kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai
dengan kejuruannya.
b. Standar Kompetensi Lulusan Kelompok Mata Pelajaran
1) Agama dan Akhlak Mulia
- Berperilaku sesuai dengan ajaran agama yang dianut sesuai dengan perkembangan remaja
- Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, golongan sosial ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
- Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial
- Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
- Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
- Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi yang mencerminkan harkat dan martabatnya sebagai makhluk Tuhan
- Menjaga kebersihan, kesehatan, ketahanan dan kebugaran jasmani dalam kehidupan sesuai dengan tuntunan agama
- Memanfaatkan lingkungan sebagai makhluk ciptaan Tuhan secara bertanggung jawab
2) Kewarganegaraan dan Kepribadian
- Berpartisipasi
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara secara
demokratis dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Berpartisipasi dalam penegakan aturan-aturan sosial, hukum dan perundangan
- Menghargai keberagaman agama, bangsa, suku, ras, golongan sosial ekonomi, dan budaya dalam tatanan global
- Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
- Mengembangkan diri secara optimal dengan memanfaatkan kelebihan diri serta memperbaiki kekurangannya
- Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi
- Menunjukkan sikap percaya diri dan bertanggung jawab atas perilaku, perbuatan, dan pekerjaannya
- Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
- Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
- Berkarya secara kreatif, baik individual maupun kelompok
- Menjaga kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
- Menunjukkan sikap kompetitif dan sportif untuk meningkatkan ketaqwaan dan memperkuat kepribadian
- Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat
- Menghargai adanya perbedaan pendapat dan berempati terhadap orang lain
- Menunjukkan apresiasi terhadap karya estetika.
3) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
- Membangun dan menerapkan informasi, pengetahuan, dan teknologi secara logis, kritis, kreatif, dan inovatif
- Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif secara mandiri
- Menunjukkan kemampuan mengembangkan budaya belajar untuk pemberdayaan diri
- Menunjukkan sikap kompetitif, sportif, dan etos kerja untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam bidang iptek
- Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah kompleks
- Menunjukkan kemampuan menganalisis fenomena alam dan sosial sesuai dengan kekhasan daerah masing-masing
- Memanfaatkan lingkungan secara produktif dan bertanggung jawab
- Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun melalui berbagai cara termasuk pemanfaatan teknologi informasi
- Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis
- Menunjukkan keterampilan menyimak, membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Indonesia dan Inggris
- Menguasai kompetensi
program keahlian dan kewirausahaan baik untuk memenuhi tuntutan dunia
kerja maupun untuk mengikuti pendidikan tinggi sesuai dengan
kejuruannya.
4) Estetika
- Memanfaatkan lingkungan untuk kegiatan apresiasi dan kreasi seni
- Menunjukkan apresiasi terhadap karya seni
- Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis karya seni
- Menghasilkan karya kreatif, baik individual maupun kelompok.
5) Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan
- Menjaga kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
- Membangun dan menerapkan informasi dan pengetahuan potensi lokal untuk menunjang kesehatan, ketahanan, dan kebugaran jasmani
- Menunjukkan
sikap kompetitif dan sportif untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam
bidang pendidikan jasmani, olah raga, dan kesehatan.
c. Standar Kompetensi Lulusan Mata Pelajaran Produktif
1) Dasar Mesin Dan Konversi Energi
a. Memahami ilmu statika dan tegangan sebagai dasar dalam aplikasi pekerjaan jasa servis perbaikan otomotif
b. Memahami proses pengecoran
c. Memahami proses pembentukan
d. Memahami proses pemesinan
e. Memahami konsep motor bakar
f. Memahami konsep motor listrik
g. Memahami konsep generator listrik dengan konsep penggerak mula
h. Memahami konsep pompa fluida dengan berbagai aplikasinya sebagai dasar operasional komponen dan unit sistem pada ootomotif.
i. Memahami konsep kompresor dan dapat
j. Menjelaskan konsep refrigerasi sebagai dasar pemahaman pada aplikasi pengkondisi udara otomotif
2) Menggambar Teknik Otomotif
a. Memahami dan dapat mengaplikasaikan standar menggambar teknik
b. Mampu menggambar perspektif, proyeksi, pandangan dan potongan
c. Memahami simbol-simbol kelistrikan untuk dapat menginterpretasikan pada pembacaan gambar kelistrikan otomotif (wiring diagram)
d. Mampu menginterpretasikan gambar teknik dan rangkaian (wiring diagram)
3) Kerja Bangku
a. Menggunakan Peralatan dan perlengkapan di tempat kerja dan
mampu menerapkan prosedur keselamatan serta kesehatan kerja
b. Menggunakan alat ukur untuk aplikasi perawatan alat berat
c. Menguasai kompetensi di bidang pemeliharaan/servis, menggunakan alat-alat ukur mekanik, alat-alat ukur pneumatik, alat-alat ukur elektrik/elektronik sesuai standar operasional prosedur untuk memenuhi tuntutan pekerjaan mekanik
4) Dasar Elektronika Terapan
a. Membuat rangkaian elektronik terapan dan sistem kontrol aplikatif
dengan pemrograman berbasis mikro-prosessor atau micro-controller
5) Sistim Elekronik pada Mesin Kendaraan
a. Memperbaiki sistem pengapian elektronik, sistem injeksi elektronik
dan sistem pengatur katup elektronik
6) Sistim Elektronik Casis dan Pemindah Tenaga
a. Memperbaiki sistem pengatur kecepatan otomatis
b. Memperbaiki sistem ABS, ASR/ETC dan ESP
c. Memperbaiki sistem transmisi otomatis dengan kontrol elektronik
d. Memperbaiki sistem suspensi aktif
e. Memperbaiki sistem automatic airconditioning
7) Perbaikan Sistim Elektronik Kendaraan
a. Memperbaiki car audio video dan sistem light-tronic
b. Memperbaiki SRS (air-bag dan safety belt), sistem alarm, central-lock dan power windows
c. Memperbaiki sistem navigasi dan control parker.
d. Memperbaiki sistem-sistem elektronik pada kendaraan
d. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
A. DASAR KOMPETENSI KEJURUAN
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Memahami dasar-dasar mesin
|
1.1 Menjelaskan dasar ilmu statika dan tegangan
1.2 Menerangkan komponen/elemen mesin
1.3 Menerangkan material dan kemampuan proses
|
2. Memahami proses-proses dasar pembentukan logam
|
2.1 Menjelaskan proses pengecoran
2.2 Menjelaskan proses pembentukan
2.3 Menjelaskan proses pemesinan
|
3. Menjelaskan proses-proses mesin konversi energi
|
3.1 Menjelaskan konsep motor bakar
3.2 Menjelaskan konsep motor listrik
3.3 Menjelaskan konsep generator listrik
3.4 Menjelaskan konsep pompa fluida
3.5 Menjelaskan konsep kompresor
3.6 Menjelaskan konsep refrigerasi
|
4. Menginterpretasikan gambar teknik
|
4.1 Menjelaskan standar menggambar teknik
4.2 Menggambar perspektif, proyeksi, pandangan dan potongan
4.3 Menjelaskan simbol-simbol kelistrikan
4.4 Membaca wiring diagram
4.5 Menginterpretasikan gambar teknik dan rangkaian
|
5. Menggunakan peralatan dan perlengkapan di tempat kerja
|
5.1 Merawat peralatan dan perlengkapan perbaikan di tempat kerja.
5.2 Menggunakan peralatan dan perlengkapan perbaikan
5.3 Menggunakan fastener
|
6. Menggunakan alat-alat ukur (measuring tools)
|
6.1 Mengidentifikasi alat-alat ukur
6.2 Menggunakan alat-alat ukur mekanik
6.3 Menggunakan alat-alat ukur pneumatik
6.4 Menggunakan alat-alat ukur elektrik/elektronik
6.5 Merawat alat-alat ukur
|
7. Menerapkan prosedur keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan tempat kerja
|
7.1 Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
7.2 Melaksanakan prosedur K3
7.3 Mengidentifikasi aspek-aspek keamanan kerja
7.4 Mengontrol kontaminasi
7.5 Mendemonstrasikan pemadaman kebakaran
|
|
7.6 Melakukan pengangkatan benda kerja secara manual.
7.7 Menerapkan pekerjaan sesuai dengan SOP.
|
B. KOMPETENSI KEJURUAN
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Membuat rangkaian elektronik terapan
|
1.1 Membaca gambar elektronik
1.2 Menentukan komponen elektronik
1.3 Membuat gambar rangkaian pada PCB
1.4 Menyolder komponen elektronik
1.5 Menguji rangkaian elektronik
|
2. Membuat sistem kontrol aplikatif dengan pemrograman berbasis mikro-prosessor atau micro-controller
|
2.1 Menentukan komponen sistem kontrol
2.2 Memasang komponen sistem kontrol
2.3 Menyolder komponen sistem kontrol
2.4 Memprogram sistem kontrol
2.5 Menguji sistem kontrol
|
3. Memperbaiki sistem pengapian elektronik
|
3.1 Mengindentifikasi komponen sistem pengapian elektronik
3.2 Mendiagnosis kerusakan pada sistem pengapian elektronik
3.3 Memperbaiki kerusakan sistem pengapian elektronik
|
4. Memperbaiki sistem injeksi elektronik
|
4.1 Mengindentifikasi komponen sistem injeksi elektronik
4.2 Mendiagnosis kerusakan pada sistem injeksi elektronik
4.3 Memperbaiki kerusakan sistem injeksi elektronik
|
5. Memperbaiki sistem pengatur katup elektronik
|
5.1 Mengindentifikasi komponen sistem pengatur katup elektronik
5.2 Mendiagnosis kerusakan pada sistem pengatur katup elektronik
5.3 Memperbaiki kerusakan sistem pengatur katup elektronik
|
6. Memperbaiki sistem pengatur kecepatan otomatis
|
6.1 Mengindentifikasi komponen sistem pengatur kecepatan otomatis
6.2 Mendiagnosis kerusakan pada sistem pengatur kecepatan otomatis
6.3 Memperbaiki kerusakan sistem pengatur kecepatan otomatis
|
7. Memperbaiki sistem ABS, ASR/ETC dan ESP
|
7.1 Mengindentifikasi komponen sistem ABS, ASR/ETC dan ESP
7.2 Mendiagnosis kerusakan pada sistem ABS, ASR/ECT dan ESP
7.3 Memperbaiki kerusakan sistem ABS, ASR/ECT dan ESP.
|
8. Memperbaiki sistem transmisi otomatis dengan kontrol elektronik
|
8.1 Mengindentifikasi komponen sistem transmisi otomatis dengan kontrol elektronik
8.2 Mendiagnosis kerusakan pada sistem transmisi otomatis dengan kontrol elektronik
8.3 Memperbaiki kerusakan sistem transmisi otomatis dengan kontrol elektronik
|
9. Memperbaiki sistem suspensi aktif
|
9.1 Mengindentifikasi komponen sistem suspensi aktif
9.2 Mendiagnosis kerusakan pada sistem suspensi aktif
9.3 Memperbaiki kerusakan sistem suspensi aktif
|
10. Memperbaiki sistem automatic airconditioning
|
10.1 Mengindentifikasi komponen sistem automatic airconditioning
|
|
10.2 Mendiagnosis kerusakan pada sistem automatic airconditioning
10.3 Memperbaiki sistem automatic airconditioning
|
11. Memperbaiki car audio video
|
11.1 Mengindentifikasi komponen car audio video
11.2 Mendiagnosis kerusakan pada sistem car audio video
11.3 Memperbaiki kerusakan sistem car audio video
11.4 Memasang sistem car audio video
|
12. Memperbaiki sistem light-tronic
|
12.1 Mengindentifikasi komponen sistem light-tronic
12.2 Mendiagnosis kerusakan pada sistem light-tronic
12.3 Memperbaiki kerusakan sistem light-tronic
|
13. Memperbaiki SRS (air-bag dan safety belt)
|
13.1 Mengindentifikasi komponen SRS (air bag dan safety belt systems)
13.2 Mendiagnosis kerusakan pada SRS (air bag dan safety belt)
13.3 Memperbaiki kerusakan sistem air bag
13.4 Memperbaiki kerusakan sistem automatic safety belt
|
14. Memperbaiki sistem alarm, central-lock dan power windows
|
14.1 Mengindentifikasi komponen sistem alarm, central-lock dan power windows
14.2 Memeriksa komponen sistem alarm, central-lock dan power windows
14.3 Mendiagnosis kerusakan pada sistem alarm, central-lock dan power windows
14.4 Memperbaiki kerusakan sistem alarm
14.5 Memperbaiki kerusakan sistem central-lock
|
|
14.6 Memperbaiki kerusakan power windows
|
15. Memperbaiki sistem navigasi
|
15.1 Mengindentifikasi komponen sistem navigasi
15.2 Mendiagnosis kerusakan pada sistem navigasi
15.3 Memperbaiki kerusakan sistem pengatur navigasi
|
16. Memperbaiki sistem kontrol parkir
|
16.1 Mengindentifikasi komponen sistem kontrol parkir
16.2 Mendiagnosis kerusakan pada sistem kontrol parkir
16.3 Memperbaiki kerusakan sistem kontrol parkir
|
17. Memperbaiki sistem-sistem elektronik pada kendaraan
|
17.1 Mengindentifikasi komponen sistem electric power steering (EPS), electric mirror, kursi elektronik dan sistem automatic wiper
17.2 Mendiagnosis kerusakan pada sistem electric power steering (EPS), electric mirror, kursi elektronik dan sistem automatic wiper
17.3 Memperbaiki kerusakan sistem electric power steering (EPS)
17.4 Memperbaiki kerusakan sistem elektrik mirror
17.5 Memperbaiki kerusakan sistem kursi elektronik
17.6 Memperbaiki kerusakan sistem automatic wiper.
|
4. Deskripsi Mata Pelajaran (Produktif)
No.
|
Mata pelajaran
|
Standar Kompetensi
|
1.
|
Dasar Mesin Dan Konversi Energi
|
1.Memahami dasar-dasar mesin
|
| |
2.Memahami proses-proses dasar pembentukan
Logam
3.Menjelaskan proses-proses mesin
konversi energi
|
2.
|
Menggambar Teknik Otomotif
|
4.Menginterpretasikan gambar teknik
|
3.
|
Kerja Bangku
|
5.Menggunakan peralatan dan perlengkapan di
tempat kerja
6.Menggunakan alat-alat ukur (measuring tools)
7.Menerapkan prosedur keselamatan, kesehatan
kerja dan lingkungan tempat kerja
|
4.
|
Dasar Elektronika Terapan
|
1. Membuat rangkaian elektronik terapan
|
| |
2. Membuat sistem kontrol aplikatif dengan pemrograman berbasis mikro-prosessor atau micro-controlle
|
5.
|
Sistim Elekronik pada Mesin Kendaraan
|
3. Memperbaiki sistem pengapian elektronik
|
| |
4. Memperbaiki sistem injeksi elektronik
|
| |
5. Memperbaiki sistem pengatur katup elektronik
|
6.
|
Sistim Elektronik Casis dan Pemindah Tenaga
|
6. Memperbaiki sistem pengatur kecepatan
otomatis
|
| |
7. Memperbaiki sistem ABS, ASR/ETC dan ESP
|
| |
8. Memperbaiki sistem transmisi otomatis dengan
kontrol elektronik
|
| |
9. Memperbaiki sistem suspensi aktif
|
| |
13. Memperbaiki SRS (air-bag dan safety belt)
|
7.
|
Perbaikan Sistim Elektronik Kendaraan
|
10. Memperbaiki sistem automatic airconditioning
|
| |
11. Memperbaiki car audio video
|
| |
12. Memperbaiki sistem light-tronic
|
| |
14. Memperbaiki sistem alarm, central-lock dan power windows
|
| |
15. Memperbaiki sistem navigasi
|
| |
16. Memperbaiki sistem kontrol parkir
|
| |
17. Memperbaiki sistem-sistem elektronik pada kendaraan
|
5. Struktur Kurikulum
KOMPONEN
|
DURASI WAKTU
(JAM)
|
A. Mata Pelajaran
| |
1. Normatif
| |
2.1 Pendidikan Agama
|
192
|
2.2 Pendidikan Kewarganegaraan
|
192
|
2.3 Bahasa Indonesia
|
192
|
2.4 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
192
|
2.5 Seni Budaya
|
128
|
2. Adaptif
| |
2.1 Bahasa Inggris
|
440
|
2.2 Matematika
|
516
|
2.3 Ilmu Pengetahuan Alam
|
192
|
2.4 Fisika
|
276
|
2.5 Kimia
|
192
|
2.6 Ilmu Pengetahuan Sosial
|
128
|
2.7 KKPI
|
202
|
2.8 Kewirausahaan
|
192
|
3. Produktif
| |
3.1 Dasar Kompetensi Kejuruan
| |
3.1.1 Dasar Mesin Dan Konversi Energi
|
114
|
3.1.2 Menggambar Teknik Otomotif
|
114
|
3.1.3 Kerja Bangku
|
114
|
3.2 Kompetensi Kejuruan
| |
3.2.1 Dasar Elektronika Terapan
|
56
|
3.2.2 Sistim Elekronik pada Mesin Kendaraan
|
228
|
3.2.3 Sistim Elektronik Casis dan Pemindah Tenaga
|
304
|
3.2.4 Perbaikan Sistim Elektronik Kendaraan
|
456
|
B. Muatan Lokal
|
192
|
C. Pengembangan Diri
|
192
|
Jumlah
|
4612
|
6. Diagram Pencapaian Kompetensi
Diagram
ini menunjukan tahapan atau tata urutan kompetensi yang diajarkan dan
dilatihkan kepada peserta didik dalam kurun waktu yang dibutuhkan serta
kemungkinan multi exit-multi entry yang dapat diterapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar